Agenda

Pelantikan KPPS untuk Pemilu 2024

  • 20-01-0025 | 19:30:00 s/d 20-01-0025 | 22:00:00

**Mlatiharjo, 25 Januari 2024** - Malam yang penuh semangat demokrasi dan kebersamaan terasa di GOR Mlatiharjo pada acara pelantikan Komisi Pemilihan Umum Panitia Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024. Acara ini diselenggarakan dengan sangat terorganisir dan dihadiri oleh calon KPPS dari empat desa sekitar.

Dalam acara yang dimulai pukul 8 malam hingga 10 malam tersebut, peserta dari Desa Plososari, Gedong, Pakisan, dan Mlatiharjo secara resmi dilantik sebagai anggota KPPS. GOR Mlatiharjo juga dipenuhi dengan kehadiran Kepala Desa (Kades), Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, PKD, PPD, dan PPS dari masing-masing desa. Acara ini juga dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Orgen tunggal yang dipersembahkan oleh Lintang Raditya menjadi hiburan menyenangkan bagi seluruh peserta yang hadir sebelum dan pasca acara dilaksanakan.

**Rincian Peserta:**
- Plososari: 23 TPS dengan 161 orang
- Gedong: 19 TPS dengan 131 orang
- Pakisan: 7 TPS dengan 56 orang
- Mlatiharjo: 12 TPS dengan 84 orang
- **Total: 61 TPS, 432 orang**

Rangkaian Acara:

  1. Pembukaan:** Acara dimulai dengan kata sambutan dan pembukaan resmi.
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Jingle Pemilu:**
  3. Pembacaan Surat Keputusan KPU:Kabupaten** Surat keputusan dari KPU Kabupaten Kendal dibacakan untuk memberikan landasan hukum bagi pelaksanaan Pelantikan KPPS di 4 Desa untuk Pemilu 2024
  4. Pelantikan Anggota KPPS:** Ketua PPS masing-masing desa melantik anggota KPPS secara resmi
  5. Penandatanganan Berita Acara:** Wakil dari setiap desa menandatangani berita acara sebagai bukti pelantikan.
  6. Pakta Integritas:** Sumono anggota KPPS 02 Mlatiharjo membacakan dan menandatangani pakta integritas sebagai komitmen etika penyelenggara pemilu.
  7. Pembacaan doa sekaligus Penutup oleh Sdr Supandi, PPS anggota dari Mlatiharjo

Setelah acara Pelantikan selesai, diLanjutan sambutan- sambutan. Sambutan yang pertama diberikan oleh Mutohar, selaku Kades Mlatiharjo pemangku wilayah atas tempat diadakannya pelantikan KPPS kali ini yakni di GOR Mlatiharjo. Sambutan yang berikutnya oleh KPU RI yang dibacakan oleh Sdr Ihwan Nur Sodiq. Acara selanjutnya Pemberian selamat oleh tamu undangan kemudian dilanjut  Foto bersama dengan membawa pohon, diwakili oleh 1 orang dari masing - masing desa. 

Kegiatan ini menjadi bagian dari Kegiatan KPU RI untuk pelatihan KPPS di seluruh Indonesia yang Diabadikan di Rekor MURI atas 3 kategori:

  1. Pelantikan secara serentak angta pemilu terbanyak.
  2. Bimbingan Teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara pemilu terbanyak
  3. Penanaman bibit pohon terbanyak secara serentak oleh anggta penyelenggara pemilu terbanyak

 

**Info dari KPU RI:**
- Sebanyak 5.709.898 bibit pohon ditanam oleh masing-masing KPPS.
- Penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam.
- Kayu sebagai bahan dasar pembuatan kertas, penanaman pohon diharapkan dapat mengganti kertas yang telah digunakan KPU.
- Jumlah KPPS yang dilantik: 5.741.127 orang.
- Jumlah KPPS yang bertugas sebanyak: 820.161 TPS di seluruh Indonesia.

dilansir dari laman KPU.go.id KPU RI menegaskan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon oleh anggota KPPS ini memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan keberlanjutan. Dengan penanaman lebih dari 5 juta bibit pohon, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga ekosistem dan memberikan nuansa yang ramah lingkungan pada pelaksanaan Pemilu 2024.

Dalam surat sambutannya, Hasyim, Ketua KPU RI, menyampaikan bahwa penanaman pohon menjadi langkah nyata dalam mendukung keberlanjutan bumi. Ia menjelaskan bahwa kayu merupakan bahan dasar pembuatan kertas, dan dengan penanaman pohon tersebut, diharapkan dapat mengurangi dampak deforestasi yang sering kali terjadi akibat produksi kertas.

**Tantangan dan Harapan:**
Meskipun acara berjalan dengan lancar, tetapi tantangan-tantangan di masa mendatang tidak diabaikan. Para penyelenggara pemilu diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, penanaman bibit pohon yang dilakukan saat ini diharapkan menjadi awal dari kegiatan pelestarian alam yang berkelanjutan. 

Berita

LOMBA EKOBRIK
  • 28-01-2021